Resensi Novel Langit Untuk Luna

Holla? welcome back to my blog. 
sebelumnya gue udah pernah ngresensi novel balon udara, kali ini mau ngeresensi lagi nih, judulnya langit untuk luna, oke langsung aja cekidot:




Judul                  : Langit Untuk Luna
Penulis               : Irena Tjiunata 
Penerbit              : Gramedia 
Tahun Terbit       : 2013
Jumlah Halaman : 344 halaman, 20 cm
ISBN                   : 978-602-03-0097-9


SINOPSIS 

Luna Aurora sepertinya sudah punya segalanya. Otak yang cerdas sehingga bisa masuk akselerasi, keluarga dengan ekonomi berkecukupan, teman-teman yang ceria dan setia, plus pacar super keren Surya Dhanasaputra. 

Luna merasa hidupnya sangat sempurna. sampai kemudian perusahaan keluarganya menghadapi masalah serius. Lalu Surya berubah menjadi cowok yang tidak ia kenal lagi. sementara Angkasa Raya, cowok lain semula tidak ia kenal, berubah menjadi sosok yang sangat memahami dirinya. 

RESENSI 

Novel langit untuk luna adalah novel fiksi remaja yang dari covernya sudah terlihat dengan tulisan teenlit. novel ini mengisahkan tentang seorang gadis cantik  cerdas dan berkepribadian baik bernama Luna auror gading atau yang kerap disapa dengan sebutan Luna.

Luna adalah satu-satunya putri dari Jacob Utomo Gading dan Isteri. tampak dari ceritnya bahwa luna adalah anak yang kurang kasih sayang dari kedua orangtuanya, dalam novel ini pun kedua orang tua Luna sibuk mengurus perusahaan milik mereka yakni PT Besi Jaya.  

Luna saat ini duduk di kelas XII SMA Bhina Ilmu kelas akselerasi, Luna memiliki seorang kekasih yang bernama Surya Dhanasaputra. tidak begitu jelas bagaiamana awalnya mereka menjalin hubungan, namun di dalam novel ini hanya dikatakan bahwa Surya adalah kekasihnya Luna dan yang menjadi awal tertariknya Luna dengan surya adalah karena sikapnya yang bossy. 

Angkasa Raya adalah murid baru SMA Bhina Ilmu kelas reguler kelas XII dan berprofesi sebagai artis. pertemuan keduanya berawal dari fay sahabat luna yang meminta luna untuk mendekati angkasa dengan tujuan dapat kontak derrel yaitu presenter tv yang terkenal. tujuan fay adalah untuk mensukseskan acara pensi yang akan diselenggarakan sekolah tsb. awalnya permintaan fay ditolak oleh luna, namun karena fay adalah sahabatnya luna, akhirnya dengan berat hati luna mau melakukannya.  

Pertemuan luna dengan angkasa berawal dari perpustakaan. Luna yang pada awalnya ke perpustakaan dengan tujuan mencari referensi untuk tugas paper seharahnya, namun angkasa disana muncul dan membuat luna memanfaatkan momen tersebut dengan tujuan mendapatkan kontak derrel demi acara pensi sekolahnya. "hai ka" sapa luna dengan amgkasa. sapaan tersebut menjadi awal kedekatan mereka berdua. 

konflik terjadi ketika surya , mengetahui  kedekatan luna dengan angkasa raya yang menjadi semakin dekat dengan menjadi tutor matematika untuk angkasa. surya memergoki luna diantar pulang dengan angkasa. surya yang dari awal digambarkan dengan watak keras kepala, bossy, pengatur, pendelegasi yang baik dan juga kasar  menjadi semakin-makin ketika mengetahui luna dekat dengan angkasa dan disitulah luna melihat sosok surya bukanlah seperti surya yang dahulu ia kenal, surya yang ia suka. 
puncaknya adalah ketika perusahaan ayahnya luna mengalami krisis dan hampir pailit, ayahnya luna meminjam dana pada orang tua surya. dan saat itulah luna menjadi boneka surya, luna harus menuruti semua perkataan surya, meskipun ia tahu ini berat baginya, namun luna harus menerimanya karena tidak ada jalan lain yang bisa dilakukan luna untuk membantu orangtuanya kecuali dengan mengikuti alur yang sudah dibuat. konflik ini semakin memuncak ketika luna dan teman-temannya yaitu kevas, paundra, olive dan surya memenangkan lomba karya ilmiah dengan membuat jas anti panas. jas tersebut menarik perhatian beberapa perusahaan dan ingin membeli jas tersebut. saat itulah surya mengatakan bahwa orang yang menciptakan ide itu adalah surya. namun, teman-teman yang lain merasa keberatan dan tidak suka atas perlakuan surya. saat menerima penghargaan, olive mengatakan kepada khalayak bahwa orang yang pertama kali menciptakan jas ini adalah luna. pertemanan surya dengan teman-temannya pun harus berakhir karena mereka sudah tidak tahan dengan perlakuan surya yang semena-mena dengan teman-temannya.

akhir dari novel ini adalah luna dapat mengembalikan keadaan perusahaan orangtuanya berkat penjualan jas antipanasnya dan luna pun bersatu dengan angkasa. sedangkan surya berhenti dari SMA Bhina Ilmu karena beredar video pertengkarannya dengan angkasa, dimana  video tersebut memperlihatkan gaya berkelahi surya yang menuturkan kata-kata tidak pantas dan kasar namun angkasa malah membalikan kata-kata tesebut dengan sebuah pertanyaan simple yang tidak bisa surya jawab. semenjak kejadian itu surya dipanggil kepala sekolah dan tidak pernah menampakkan dirinya lagi di sekiolah. 

Kekurangan : 

Ada tokoh-tokoh diluar novel ini, dimana untuk mengetahui tokoh tersebut pembaca harus membaca novel lain yang menceritakan tokoh tsb yang ditulis oleh penulis yang sama. seperti mempromosikan karya penulis yang lain. 
selain itu kurangya informasi mengenai informasi tokoh dalam novel, dimana fay sahabat luna tidak memiliki nama lengkap, hanya dengan fay, begitu juga dengan kevas dan paundra. padahal mereka di dalam cerita cukup banyak terikat dengan percakapan dan aktivitas dengan tokoh utama. sehingga membuat pembaca bertanya-tanya. 
kejadian tokoh jane yang di degradasi dari kelas akselerasi ke reguler juga terkesan aneh. bukankah jika seorang anak di degradasi harus melalui orang tuanya terlebih dahulu? 


Kelebihan:

Disamping kelemahan, ada kelebihan di dalam novel ini, dimana dalam novel ini membahas tentang karakter kecerdasan masing-masing orang. tergambar jelas saat penulis menggambarkan tokoh-tokohnya dengan kecerdasan yang berbeda-beda. dan pembaca dapat mengetahui penjelasan mengenai kecerdasan intellegence yang dimaksud penulis dengan mencocokkan kepribadian masing-masing pembaca dengan kalimat yang paling sesuai dengan pembaca. disamping itu novel ini juga memperlihatkan bahwa seorang anak yang memiliki orang tua sibuk dan tidak sempat memberikan kasih sayang ke anaknya pun bisa menjadi anak yang menurut orang tua, cerdas, dan berkepribadian baik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Balon Udara By Rosa Amanda Salim

Review Jam Tangan Casio AE-1300WH-2AVDF